Kamis, 24 November 2011

Menghindar Kantuk Di Kantor

Mungkin, semalam dia tidur sangat larut sehingga waktu tidurnya masih kurang. Rasa lesu dan ngantuk seperti itu berakibat menghambat produktivitas kerja. Banyak orang mencari solusi lewat minum kopi. Tapi sebenarnya, masih ada banyak cara lainnya untuk melenyapkan rasa lelah dalam sekejap.
Rasa lesu dan ngantuk memang sangat akrab dilingkungan kerja. Tanpa sengaja, pagi-pagi Anda mungkin melihat rekan yang sedang menguap lebar tanda kantuk melanda dirinya.


Tips ringan di bawah ini mungkin dapat membantu Anda :
1. Usahakan untuk mendapatkan cahaya yang terang dan cari udara segar. Cahaya yang lebih terang diyakini dapat mengurangi kantuk yang menyerang dengan membuka jendela ruangan atau pergilah ke luar sejenak. Lingkungan yang terlalu panas dan lembab dapat membuat Anda lebih cepat lesu dan mengantuk sehingga perlu dilawan dengan sesuatu yang dingin dan menyegarkan.
2. Pergilah ke rest room dan basuh wajah Anda dengan air beberapa kali, sehingga Anda akan merasakan kesegaran. Air yang membasahi wajah dipastikan dapat menyegarkan penglihatan Anda. Jangan lupa teguk segelas air putih dingin untuk lebih menyejukan Anda dari dalam.
3. Gerakan tubuh anda, duduk diam dibelakang meja kantor akan membuat Anda gampang ngantuk dan lesu. Cobalah berdiri dan berjalan sejenak dengan aktif agar badan jadi lebih berenergi, bahkan hingga beberapa jam setelahnya.
4. Simpan wewangian atau minyak aromaterapi yang dapat menambah semangat kerja Anda, seperti bau-bauan mint atau jeruk. Wewangian ini dapat Anda pasang diventilasi AC atau letakkan di meja di dekat ruangan kerja Anda. Bau-bauan yang segar akan merangsang penciuman Anda dan mengurangi kantuk dan membuat Anda kembali bersemangat dari lesu.
5. Bila kantor Anda memiliki taman-taman indah, keluarlah sebentar dari ruang kerja Anda dan pandanglah pohon-pohon hijau di taman. Niscaya mata Anda menjadi segar kembali. Tapi jangan kelamaan loh, kalau Anda merasa sudah lebih segar kembalilah kedalam ruangan dan lanjutkan aktivitas kerja Anda. Selamat mencoba semoga rasa lesu dan ngantuk anda akan hilang seketika dan Anda kembali segar menjalankan aktivitas Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar